Yandex.Metrica BLOG PEMULA: Cara Mudah Memasang Foto Authorship Di Blog atau Website | Profil Google+
loading...

CPX24.com

Google Ads

Sabtu, 08 November 2014

Cara Mudah Memasang Foto Authorship Di Blog atau Website | Profil Google+

Ternyata masih banyak rekan-rekan blogger, terutama yang masih pemula atau Blogger Newbie, kesulitan saat memasang Foto Kepengarangan-Authorship pada Blog atau Website-nya. Entah alasan saking males-nya oprek kode, takut tampilan malah rusak, sudah mencoba tapi tidak berhasil bahkan atau tutorial cara yang ada memang terlalu ribet untuk dilakukan. Padahal, sebenarnya Foto Authorship merupakan elemen penting yang wajib diaplikasikan untuk masa depan Blog atau Website di Search Engine, karena bisa menjadi penanda kamulah pemilik Blog atau Website tersebut (sebenarnya begitu).
Dan jangan salah ya,…yang saya maksud Foto Authorship di sini adalah Foto yang nantinya ditampilkan disebelah kiri Judul Artikel atau Postingan kamu di daftar pencarian Search Engine Google (list SERP) atau disebut Foto Profil Google+, bukan Foto Avatar atau Gravatar…Sehingga artikel kamu lebih cepat dikenali melalui Foto kamu tersebut. Lebih jauh tentang Rich Snippets Authorship tersebut silahkan baca-baca di artikel saya berikut,  sebagai wacana dasar untuk pemahaman, yaitu tentang :
  • Memasang Rich Snippets Tanda Bintang
  • Memasang Foto Profil Google+
  • Memasang Authorlink

Koneksi ke Akun Google+

Sebagai awal dan kunci keberhasilan bisa ditampilkannya Foto Authorship di search engine adalah Blog atau Website kita harus terkoneksi-terhubung dengan sebuah Akun Google+ (Google Plus). Jika anda belum memiliki akun di Google atau setidaknya sudah memiliki alamat di Gmail, saat ini juga silahkan DAFTAR atau LOGIN dahulu.


Memasang Kode Skrip G+ di Blog atau Website

Setelah anda mendapatkan kode ID Google+ (dari address bar browser, Mozilla-Chrome-Opera, silahkan copy paste dalam kode-skrip berikut di dalam tag <head></head> atau tepatnya sebelum </head> di Blog atau Website kamu.
Kode Skrip Standar untuk Koneksi Google Plus :
<link href=”https://plus.google.com/116285896834598119654” rel=”author” />
*Untuk penggunaan nantinya, ganti ID Google+ yang berwarna oranye dengan ID G+ milik anda.
Terserah apapun itu core engine yang kamu gunakan untuk membangun Blog atau Website, memakai HTML atau PHP (keduanya self build atau via Software webpage editor maker)…yang penting letakkan kode atau skrip tag tersebut di dalam tag <head>!..Untuk lebih mudahnya, sebagai contoh berikut, saya gunakan di Core Blogspot dan CMS WordPress.
Cara Pasang Kode link rel author di Blogspot
Login di Blogger Blogspot, masuk ke tab Template > Edit HTML. Tekan tombol Ctrl + F ketik </head> di kolom Find setelah ketemu, kemudian letakkan kode tersebut di atas tag </head> tersebut, seperti gambar berikut :
Tag link rel author blogspot
Atau bisa juga dengan cara menautkan langsung akun Google+ dengan Blog anda melalui Opsi Tambah Gadget > Lencana Google+, Tombol +1 atau Pengikut Google+…Jangan lupa simpan semua perubahan yang telah dilakukan.
Cara Pasang Kode link rel author di WordPress
Login di Admin Website Blog WordPress kamu, pilih opsi tab Appearance > Editor > Templates > Header > header.php , letakkan kode di atas tag </head>. Contoh seperti gambar berikut ini (bisa juga lewat cPanel jika kamu pengguna Self Hosting) :
Tag link rel author WordPress

Add-On Dan Kesimpulan

Cara memasang atau meletakkan skrip kode diatas merupakan cara yang paling mudah dan cepat serta efektif menurut saya. Sekaligus sebagai Solusi, dimana selama ini kadang Home-Front Page (core wordpress) terutama yang menggunakan Plugin-plugin Rich Snippets, kebanyakan setting-pengaturannya meniadakan opsi ditampilkannya Snippets untuk Home Page Blog. Sehingga sering terjadi halaman Home Blog di search engine Google tidak bisa ditampilkan Foto-nya. Dengan cara yang saya berikan di atas semua halaman, baik Home, Pages, Category, Artikel-Postingan akan ter-index di SERP plus Foto (silahkan cek pakai Rich Snippets Tool).
Go Fight Internet Marketing and Bisnis Online…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A79C52B385A7